Salah Kaprah Arti Imsak di Indonesia, Ternyata Waktu Imsak Yang benar Itu Pas Adzan Subuh

Di Indonesia, istilah imsak umumnya digunakan untuk mengingatkan kaum muslimin agar bersiap-siap menyudahi makan sahur sebelum adzan sholat subuh dikumandangkan.

Salah Kaprah Arti Imsak di Indonesia, Ternyata Waktu Imsak Yang benar Itu Pas Adzan Subuh


Tujuannya agar orang-orang yang belum selesai makan tidak bingung ketika adzan subuh berkumandang. Selisih waktu imsak dan waktu subuh biasanya berkisar 10 menit.

Namun, seorang ustadz menilai istilah imsak yang digunakan Indonesia selama ini ternyata salah. Menurutnya, jika yang dimaksud adalah mengingatkan agar orang-orang menyudahi makan sahur maka istilah yang digunakan bukanlah imsak.

Menurutnya, imsak adalah persamaan dari kata puasa. Hal itu didasarkan pada hadis di kitab fiqih yang ia kaji. "Imsak itu, nama lain dari puasa. Silakan lihat kitab fiqih manapun, mulai dari yang paling tebal hingga yang paling tipis," ujarnya.

Ustadz yang diketahui bernama Hilmi itu mengatakan, Bahwa puasa mempunyai tiga nama, yaitu Al-Shaum, Al-Shiyam, dan Al-Imsak. "Al-Shaum, Wal-Shiyam fil lughatil Al-Imsak, artinya shaum dan shiyam secara bahasa artinya sama dengan imsak, yakni menahan," tegasnya.

Maka jika telah dikumandangkan waktu imsak, hal itu berarti sudah masuk waktu berpuasa. Orang-orang tidak boleh lagi melanjutkan makan atau minumnya.

"Di sinilah kesalahannya, menempatkan istilah imsak bukan pada tempatnya. Seharusnya, imsak itu waktunya sama dengan adzan subuh," ujarnya dalam video yang diunggah di Facebook.

Maka jika yang dimaksud adalah waktu peringatan, seharusnya menggunakan kata tanbihun yang dalam bahasa Indonesia mempunyai makna peringatan. Karena masalah ingat mengingatkan juga sudah dilakukan  sejak zaman nabi.

Berikut videonya.


0 Response to "Salah Kaprah Arti Imsak di Indonesia, Ternyata Waktu Imsak Yang benar Itu Pas Adzan Subuh"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.